25 Gejala Kanker Yang Sering Terjadi Namun Tidak Disadari

www.weightnesia.com | Hingga saat ini, kanker masih menjadi salah satu penyakit  ganas yang sangat berbahaya dan paling ditakuti. Menurut data yang tersedia, kanker telah menjadi salah satu dari tiga penyakit yang paling berbahaya di dunia dan gejalanya jarang sekali disadari. kanker juga menjadi salah satu penyakit yang hingga saat ini telah banyak memakan korban meninggal dunia.

Agar tubuh terhindar dari resiko kanker, usahakan selalu memperhatikan perubahan yang terjadi pada tubuh. Ketika ada resiko kanker dalam tubuh, sebenarnya ada beberapa gejala yang bisa dilihat dan dirasakan penderitanya. Ya, meskipun gejala ini sangat jarang sekali disadari. Lantas, apa saja kira-kira gejala kanker tersebut? Berikut 25 gejala kanker yang jarang disadari.

  • Perubahan Pada Payudara, Gejala yang sering terjadi namun jarang sekali disadari ialah adanya perubahan payudara. Perubahan payudara biasanya berupa perubahan warna, bentuk atau pun tekstur. Jika telah terjadi perubahan pada payudara apalagi jika payudara amat sakit, hal ini jadi menunjukkan adanya resiko kanker payudara.
  • Pendarahan di Antara Siklus Haid Gejala kedua yang juga sering terjadi namun sangat jarang disadari ialah terjadi pendarahan hebat di antara siklus haid. Para ahli mengungkapkan jika pendarahan ini terjadi oleh berbagai hal. Dan salah satu halnya ialah karena adanya resiko kanker endometriosis atau kanker rahim juga serviks.
  • Terdapat Benjolan, Jika kamu menemukan benjolan diantara  tubuh dan rasanya sakit, usahakan untuk memeriksakan segera mungkin hal itu ke dokter terdekat untuk mengetahui yang sedang terjadi pada tubuh. Peneliti mengatakan bahwa benjolan di tubuh ialah salah satu tanda atau juga gejala kanker yang sering kali terjadi pada setiap penderita kanker.
  • Sulit Menelan, Sulit menelan makanan karena kanker Gejala ini  yang juga sering kali terjadi tetapi sangat jarang disadari ialah sulit menelan. Para ahli kanker mengatakan bahwasanya sebagian besar penderita kanker khususnya kanker tenggorokan atau perut mengalami kesulitan menelan. Selain susah menelan makanan, gejala kanker yang satu ini juga tentunya dibarengi dengan hal penurunan berat badan, nafsu makan akan berkurang, mual dan sering muntah-muntah.
  • Lelah Berlebihan, Saat seseorang beresiko terhadap kanker, satu gejala yang paling sering terjadi namun jarang disadari ialah rasa lelah berlebihan.Hal ini sering dibarengi dengan adanya hal kekebalan tubuh yang melemah, batuk-batuk atau flu berkepanjangan, adanya bercak darah di tinja atau air seni.
  • Batuk kronis sampai menyebabkan sakit di dada. Itu termasuk jenis kanker, termasuk leukemia, atau tumor paru-paru, bisa tampak dari gejala batuk yang parah atau bronkhitis. Beberapa pasien kanker paru-paru melaporkan sakit pada dada yang menjalar pada bahu hingga lengan bawah sebagai awal dari penyakit yang sedang mereka derita.
  • Demam atau infeksi berkala bisa menjadi salah satu gejala leukemia, kanker darah yang menyerang sumsum tulang. Leukemia menyebabkan sumsum memproduksi sel darah putih abnormal yang mampu melemahkan ketahanan tubuh untuk menangkis berbagai infeksi.
  • Kesulitan menelan berhubungan erat dengan kanker tenggorokan, dan terkadang merupakan tanda mula-mula dari adanya kanker paru-paru.
  • Kelenjar getah bening membengkak atau bengkak di leher, lengan bawah, atau kunci paha. Pembengkakan getah bening mengindikasikan adanya perubahan pada sistem kerja kelenjar tersebut, yang bisa jadi menandakan adanya gejala penyakit kanker.
  • Pendarahan pada area sekitar dubur. Yang ini umumnya merupakan gejala dari kanker colorectal (kanker yang ada di saluran pencernaan, antara usus besar dan dubur). Darah yang keluar tanpa sebab jelas harusnya merupakan alasan kuat untuk segera menghubungi dokter.
  • Nafas Pendek atau seperti disertai dengan adanya bunyi ‘menciut’. Salah satu tanda pertama yang biasa didapat pada penderita kanker paru-paru ialah adanya gangguan pada pernafasan
  • Timbulnya luka berlebihan atau berdarah yang tidak kunjung berhenti, ini biasanya dikaitkan dengan ada yang tidak beres dengan trombosit atau sel darah merah, yang menandakan rawan timbulnya leukemia. Dari waktu ke waktu, sel leukemia mendesak keberadaan sel darah merah dan trombosit dan memperlemah kemampuan darah untuk mengalirkan oksigen.
  • Perut menggembung. Wanita yang didiagnosa mengidap kanker ovarium biasanya melaporkan adanya penggembungan pada bagian perut yang tidak diketahui sebabnya, dan hal ini biasanya terjadi dalam waktu yang cukup lama.
  • Secara umum kelelahan dan tubuh lemah merupakan gejala dari semua jenis kanker bila dipadukan dengan gejala lainnya. Namun, jika kamu mengalami kelelahan tanpa sebab yang jelas dan tidak membaik dengan istirahat banyak sekalipun, maka segeralah temui dokter.
  • Merasa kenyang dan tak bisa makan juga merupakan tanda mula-mula adanya kanker ovarium. Pengidap gejala ini mengatakan bahwa mereka bisa hilang nafsu makan dan tidak makan untuk beberapa waktu lamanya.
  • Sakit pada bagian perut atau pelvic sering menunjukkan tanda-tanda bahaya kanker ovarium. Leukemia juga bisa diawali dengan sakit pada bagian perut yang menimbulkan pelebaran bagian limpa.
  • Kehilangan berat badan drastis tanpa sebab. Kebanyakan wanita bakal melonjak kegirangan bila berat badannya turun drastis. Namun, hati-hati, karena hal ini merupakan tanda adanya gangguan pada usus besar dan pencernaan. Juga merupakan tanda adanya gangguan pada hati, yang mempengaruhi nafsu makan Anda dan kemampuan darah untuk membersihkan kotoran dalam tubuh.
  • Sakit perut berlebihan bisa menjadi tanda timbulnya kanker colorectal.
  • Payudara merah, sakit dan bengkak bisa menjadi gejala yang menandakan adanya peradangan pada bagian dada/ payudara. Segera hubungi dokter bila hal ini menimpa Anda.
  • Puting susu berubah. Salah satu gejala yang paling diingat oleh penderita kanker payudara adalah bahwa puting susu mereka tampak rata, miring, atau terbalik.
  • Rasa sakit yang berlebihan selama menstruasi. Banyak wanita melaporkan hal ini sebagai peringatan adanya kanker endometrium atau kandungan.
  • Wajah bengkak. Beberapa pasien kanker paru-paru melaporkan timbulnya bengkak atau iritasi pada wajah. Sel tumor paru-paru yang terkecil sekalipun bisa memblokir aliran darah pada bagian dada, mencegah darah mengalir dengan bebas ke bagian wajah dan kepala.
  • Luka pada kulit yang tak kunjung sembuh, malah menjadi keras, atau mudah berdarah. Ini bisa menjadi indikasi adanya kanker kulit.
  • Perubahan tanpa sebab pada bagian kuku bisa menjadi peringatan bagi banyak jenis kanker, misalnya warna kuku dicemari dengan noda atau titik hitam atau cokelat, merupakan tanda adanya kanker kulit. Sedangkan kuku pucat bisa menjadi tanda adanya kanker hati.
  • Sakit punggung atau punggung bagian kanan bawah. Banyak pasien kanker mengklaim ini adalah gejala awal dari timbulnya kanker hati. Kanker payudara juga bisa bermula dari sakit punggung, karena adanya tumor pada payudara yang menekan bagian dada ke belakang.

Itulah 25 gejala kanker yang sering terjadi namun tidak disadari. Semoga informasi ini bermanfaat. Jika kamu mengalami dari salah satu penyakit di atas segerakan diri untuk memeriksa ke dokter, jangan anggap ini penyakit biasa. Pada intinya, hindarilah kanker sejak dini, karena bisa mudah ditolong sebelum di usia tua, kanker akan susah disembuhkan.