5 Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Otak dan Daya Ingat

Weightnesia.com | Otak merupakan salah satu organ tubuh anda yang paling penting untuk dijaga, karena berperan sebagai pusat kendali di dalam tubuh yang melakukan berbagai macam pekerjaan penting. Dimulai dari menjaga detak jantung, memungkinkan anda untuk bergerak, hingga merasakan sesuatu dan berpikir. Otak mencakup semua pekerjaan tersebut.

Jadi, bayangkan jika otak anda tiba-tiba berhenti bekerja! Maka akan mempengaruhi semua organ di tubuh anda secara keseluruhan. Sehingga sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan otak anda dari waktu ke waktu.
Meskipun ada berbagai macam cara yang bisa anda lakukan, terdapat pula cara yang menjadi favorit banyak orang, yaitu menjaganya melalui asupan makanan tertentu yang bernutrisi. Faktanya, makanan-makanan sehat tersebut memainkan peran penting dalam kesehatan otak anda dan dapat memperbaiki tugas mental tertentu, seperti daya memori dan konsentrasi.

Lantas, jenis makanan apa saja yang harus anda pilih untuk meningkatkan kualitas kesehatan otak anda? Dimulai dari makanan hewani hingga nabati, berikut adalah 5 jenis makanan yang kami rekomendasikan untuk anda demi menjaga kesehatan otak anda.

Ikan Berlemak
Ketika orang-orang mulai membicarakan tentang makanan untuk kesehatan otak, maka hal pertama yang selalu terlintas di pikiran mereka adalah ikan. Hal ini karena jenis ikan berlemak seperti salmon atau sarden mengandung kadar tinggi akan asam lemak omega-3. Faktanya, otak anda terdiri dari 60% lemak, dan setengah diantaranya merupakan jenis omega-3.

Otak anda akan menggunakan omega-3 tersebut untuk membangun sel otak dan sel saraf. Selain itu, lemak jenis ini juga sangat penting untuk proses ingatan dan belajar.

Omega-3 juga bermanfaat untuk kesehatan otak lainnya, seperti dapat memperlambat penurunan mental terkait usia dan membantu menangkal penyakit Alzheimer. Bahkan beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan lemak tersebut telah dikaitkan dengan gangguan belajar dan depresi. Jadi, secara garis besar ikan berlemak dapat memberikan efek positif terhadap otak anda.

Kopi
Dua komponen utama kopi – kafein dan antioksidan – juga dapat membantu kesehatan otak anda. Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi memiliki beberapa efek positif untuk anda termasuk:

  • Meningkatkan kewaspadaan. Kafein membuat otak anda agar tetap waspada dengan menghalangi adenosin, yaitu zat kimia yang dapat membuat anda mengantuk.
  • Meningkatkan suasana hati. Kafein juga dapat meningkatkan neurotransmitter perasaan baik seperti serotonin.
  • Mempertajam konsentrasi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi kopi di pagi hari dapat melakukan pekerjaan dengan tingkat konsentrasi yang lebih baik.
  • Mengkonsumsi kopi dalam jangka panjang juga dapat menurunkan resiko anda terkena penyakit neurologis, seperti Parkinson dan Alzheimer.

Selain karena kafein, manfaat-manfaat diatas juga dikarenakan kandungan antioksidan yang dimilikinya.

Blueberry
Blueberry dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk otak anda secara spesifik. Warna biru dari bluberry tersebut disebabkan oleh kandungan senyawa yang disebut antosianin, yaitu sejenis senyawa tanaman dengan efek anti-radang dan antioksidan. Baik peradangan dan radikal bebas dapat dihancurkan oleh antioksidan, dimana keduanya berkontribusi dalam penuaan otak dan penyakit neurodegeneratif.
Sementara itu, penelitian telah menemukan bahwa beberapa antioksidan yang terdapat dalam blueberry dapat menumpuk di dalam otak anda untuk memperbaiki komunikasi antara sel-sel otak.

Kunyit
Bumbu berwarna kuning tua ini merupakan bahan utama dari bubuk kari dan sekaligus memberikan manfaat kesehatan otak bagi siapa saja yang memakannya. Bahan aktif yang terdapat dalam kunyit bernama kurkumin telah terbukti dapat menembus hingga ke otak sehingga bisa masuk ke sana secara langsung dan memberikan manfaat yang luar biasa.

Antioksidan dan anti-radang yang dimilikinya telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan otak, diantaranya:

  • Bermanfaat untuk memori. Kurkumin dapat membantu memperbaiki daya ingat terhadap orang-orang yang menderita Alzheimer. Selain itu, dapat juga membantu membersihkan plak amyloid yang merupakan ciri khas dari penyakit ini.
  • Meringankan depresi. Kunyit dapat meningkatkan tingkat serotonin dan dopamin, dimana keduanya dapat memperbaiki suasana hati atau mood anda.
  • Membantu menumbuhkan sel-sel otak yang baru.

Brokoli
Brokoli dipenuhi dengan senyawa tanaman yang sangat kuat, termasuk antioksidan. Sayuran ini juga memiliki kandungan vitamin K yang sangat tinggi, dimana 91 gram dari sayuran ini saja sudah memberikan lebih dari 100% kebutuhan vitamin K harian anda.

Vitamin yang larut dalam lemak ini sangat penting untuk membentuk sphingolipids, yaitu sejenis lemak padat yang terdapat dalam sel otak. Selain itu, brokoli juga mengandung sejumlah senyawa yang memberikan efek anti-radang dan antioksidan, dimana membantu menjaga otak anda dari kerusakan.