6 Cara Alami Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Weightnesia.com | Insulin merupakan hormon penting yang mengontrol kadar gula darah anda. Hormon ini dibuat oleh pankreas untuk membantu memindahkan gula dari darah anda ke dalam sel-sel untuk disimpan. Tetapi jika anda saat ini tengah menderita sebuah kondisi yang disebut resistensi insulin, maka tubuh anda tidak akan bisa menggunakan insulin tersebut secara efektif sehingga akan mengakibatkan tingginya gula di dalam darah anda.

Ketika pankreas anda mendeteksi adanya tingkat gula darah yang tinggi di dalam tubuh, maka ia akan memproduksi lebih banyak insulin demi mengatasi resistensi dan mengurangi gula dalam darah anda tersebut. Dalam jangka panjang, kondisi tersebut akan menguras sel pankreas penghasil insulin yang biasa terjadi pada mereka yang menderita diabetes tipe-2. Terlebih lagi, gula darah tinggi berkepanjangan dapat merusak saraf dan organ tubuh anda.

Lantas, bagaimana solusinya?

6 Cara Alami Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Salah satu yang bisa anda lakukan adalah dengan meningkatkan sensitivitas insulin, yaitu mengacu kepada seberapa responsifnya sel-sel anda terhadap insulin. Jika anda berhasil meningkatkan sensitivitas insulin, maka dapat membantu anda mengurangi resistensi insulin dan terhindar dari resiko anda terkena berbagai macam penyakit, termasuk diabetes.

Terdapat beberapa cara alami yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan sensitivitas insulin, dan berikut adalah daftarnya.

Tidur yang Cukup
Mendapatkan cukup tidur di malam hari merupakan aktivitas penting untuk kesehatan tubuh anda. Sebaliknya, kekurangan tidur dapat membahayakan tubuh anda dan meningkatkan resiko anda terkena infeksi, penyakit jantung dan diabetes tipe-2. Beberapa penelitian juga telah mengaitkan antara kualitas tidur yang buruk dan menurunnya sensitivitas insulin.

Berolahraga Secara Teratur
Berolahraga secara teratur merupakan cara terbaik untuk meningkatkan sensitivitas insulin karena membantu memindahkan gula ke dalam otot untuk disimpan dan mempromosikan peningkatan sensitivitas insulin dalam kurun waktu antara 2 hingga 48 jam, tergantung pada jenis olahraga apa yang anda lakukan. Contoh jenis olahraga yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin adalah aerobik dan latihan ketahanan.

Kurangi Stres
Stres dapat mempengaruhi kemampuan tubuh anda dalam mengatur gula darah dan mendorong tubuh anda masuk ke dalam kondisi “fight-or-flight”, dimana merangsang produksi hormon stres seperti kortisol dan glukagon. Hormon jenis ini akan memecah glikogen – sejenis gula yang tersimpan – ke dalam glukosa, dimana nantinya akan memasuki aliran darah anda untuk digunakan sebagai sumber energi yang sangat cepat.

Faktanya, banyak penelitian telah menemukan bahwa kadar hormon stres yang tinggi dapat menurunkan sensitivitas insulin. Aktivitas seperti meditasi, latihan dan tidur yang cukup merupakan cara yang ampuh untuk membantu meningkatkan sensitivitas insulin dengan mengurangi stres anda.

Kurangi Berat Badan Anda
Kelebihan berat badan, terutama di area perut dapat mengurangi sensitivitas insulin dan meningkatkan resiko anda terkena diabetes tipe-2. Lemak perut dapat melakukannya dengan berbagai macam cara, seperti memproduksi hormon yang mempromosikan resistensi insulin di dalam otot dan hati anda.

Untungnya, menurunkan berat badan merupakan cara yang efektif untuk mengurangi lemak perut dan meningkatkan sensitivitas insulin di saat yang bersamaan. Selain itu, dapat pula mengurangi resiko terkena diabetes tipe-2 bagi anda yang sudah menderita pradiabetes.

Konsumsi Lebih Banyak Serat Larut
Terdapat dua macam jenis serat, yaitu serat larut dan serat tidak larut. Serat tak larut bermanfaat untuk mendorong kotoran anda melalui usus, sementara serat larut cenderung memiliki lebih banyak manfaat kesehatan seperti mengurangi kolesterol dan nafsu makan.

Serat larut juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin karena memperlambat pergerakan nutrisi melalui usus sehingga memberikan lebih banyak waktu bagi tubuh anda untuk menyerapnya secara benar. Artinya, kondisi tersebut juga akan memberikan lebih banyak waktu bagi insulin untuk bertindak daripada biasanya. Selain itu, serat larut juga membantu memberi makan terhadap bakteri baik di dalam usus anda, dimana telah dikaitkan dengan meningkatnya sensitivitas insulin.

Minum Teh Hijau
Teh hijau merupakan minuman yang sangat baik untuk kesehatan anda. Minuman menyehatkan ini juga merupakan pilihan yang cocok bagi mereka yang tengah menderita diabetes tipe-2. Beberapa penelitian bahkan telah menemukan bahwa mengkonsumsi teh hijau dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi gula darah di saat yang bersamaan.