6 Tanda Anda Beresiko Terkena Gangguan Saraf

Pernahkan anda melihat seseorang yang kehilangan kendali dan kemudian berakhir terbaring di rumah sakit? Itu merupakan salah satu akibat dari gangguan saraf. Penyakit ini juga dikenal dengan istilah gangguan mental dan dimasukkan ke dalam jenis gangguan kecemasan.

Menurut Heather Senior Monroe, MSW, LCSW, seorang pekerja sosial dan direktur pengembangan program di pusat perawatan kesehatan mental di Newport Academy mengatakan bahwa gangguan mental merupakan periode penyakit jiwa dimana perasaan depresi, stres, atau kecemasan yang tinggi membuat seseorang kehilangan kemampuannya dalam menjalani kehidupan sehari-hari secara normal. Seseorang yang menderita gangguan semacam ini biasanya akan merasa putus asa, menjadi gila, dan kemungkinan tidak akan kembali sembuh menjadi normal.

Setelah mendengar penjelasan dari Monroe, tentunya gangguan saraf atau gangguan mental tersebut merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan memalukan jika dilihat dari segi sosial. Tidak ada satupun orang yang ingin menjadi gila, termasuk anda dan keluarga anda tentunya. Sehingga, mencegah lebih baik daripada mengobati karena pada dasarnya hampir mustahil untuk mengobati seseorang yang telah terkena gangguan mental tersebut.

Demi menyelamatkan anda dan keluarga anda dari gangguan saraf, berikut sudah kami paparkan 6 tanda-tanda anda tengah beresiko terkena gangguan yang memalukan tersebut. Pastikan anda untuk segera mendapatkan perawatan jika mengalami salah satu tanda yang telah kami tuliskan di bawah ini. Selain itu, perhatikan juga anggota keluarga atau teman terdekat anda karena tanda-tanda ini memang sulit untuk dikenali oleh diri sendiri.

Anda Memiliki Masalah Kesehatan Mental yang Tidak Terkontrol

Setiap orang pada dasarnya bisa mengalami krisis kesehatan mental, dan pasti selalu ada penyebabnya. Jika anda tengah menderita depresi, kecemasan, atau masalah mental lainnya, pastikan anda untuk memperhatikannya secara lebih serius karena faktor-faktor tersebut bisa menjadi penyebab anda terkena gangguan saraf. Hubungi dokter anda secara berkala untuk mengontrol masalah kesehatan mental anda dari waktu ke waktu.

Anda Menyalahgunakan Alkohol atau Obat-obatan Terlarang

Penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan kerusakan mental biasanya selalu berjalan beriringan. Untuk bagian ini, anda atau anggota keluarga anda memerlukan bantuan dari para ahli untuk menghentikan kecanduan tersebut dan mengembalikan mental dan kesehatan fisik anda ke jalur yang semula. Segeralah bertindak sebelum semuanya terlambat!

Hidup Anda Akhir-Akhir Ini Dipenuhi Dengan Tekanan

Banyak hal yang bisa menyebabkan anda terkena tekanan, seperti tengah didiagnosa kanker, perceraian keluarga, dipecat, atau kehilangan seseorang yang dicintai. Meskipun pada dasarnya semua itu tidak akan menyebabkan anda terkena gangguan saraf, tetapi masih bisa meningkatkan resikonya.

Jika rasa sedih atau tekanan anda merasa tak tertahankan akibat situasi yang terjadi di sekitar anda, maka anda tetap membutuhkan bantuan para ahli. Dalam kasus ini, bahkan seseorang yang biasanya tidak pernah mengalami kecemasan atau depresi dapat berakhir menderita gangguan saraf. Jadi, sekuat apapun anda menjalani kehidupan saat ini, pastikan untuk menghubungi dokter agar terhindar dari gangguan mental tersebut.

Anda Mengalami Kepanikan atau Berpikir Untuk Bunuh Diri

Kepanikan bisa menjadi tanda yang sangat berbahaya, terlebih jika itu sering terjadi dalam waktu yang singkat. Gangguan saraf biasanya diawali dengan perasaan khawatir yang terus terjadi, bahkan anda pun berpikiran untuk mengakhiri hidup anda sendiri.

Anda Tidak Peduli Dengan Diri Anda Sendiri

Beberapa orang yang sudah berada di fase kritis terkena gangguan saraf mengaku tidak memiliki banyak perubahan mood atau suasana hati, tidak merasa senang ataupun sedih. Dalam fase ini, anda akan berhenti memperdulikan penampilan anda sendiri, kehilangan minat pada aktivitas yang biasanya membuat anda gembira, dan menjauhkan diri anda sendiri dari keluarga maupun teman. Semua tanda ini merupakan gejala dari depresi dan tanda utama dari gangguan saraf.

Kehidupan Normal Anda Terasa tak Terkendali

Bahkan tugas sehari-hari yang sederhana pun sangat sulit untuk dilakukan dan diatasi. Masalah ini biasanya akan terjadi secara tiba-tiba dan akan semakin parah seiring berjalannya waktu jika tidak segera diobati dan mendapatkan perawatan yang baik.