7 Cara Sederhana Mengatasi Kecanduan Makanan (Food Craving)

Weightnesia.com | Kecanduan makanan atau food craving bukanlah hal yang sepele, karena bisa membuat anda mengalami kenaikan berat badan jika tidak dikontrol dengan baik. Kabar buruknya, setiap orang bisa mengalami hal tersebut sehingga membuat mereka menginginkan makanan manis dan berkalori tinggi sesegera mungkin.

Kabar baiknya, meskipun kecanduan makanan bisa sangat menyulitkan anda – terutama bagi anda yang tengah menjalani diet menurunkan berat badan, para ahli percaya bahwa kecanduan makanan atau craving hanya berlangsung tidak lebih dari setengah jam. Jadi, jika anda berhasil menemukan cara untuk mengatasinya, maka anda bisa mengontrol food craving tersebut dan mencegah anda terkena obesitas.

Disini, kami memiliki 7 cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kecanduan makanan tersebut. Semoga bermanfaat!

7 Cara Sederhana Mengatasi Kecanduan Makanan (Food Craving)

Jalan-jalan
Sudah menjadi rahasia umum jika kecanduan makanan atau food craving cenderung menyerang ketika anda tengah lelah atau sedang stres. Tetapi dengan berolahraga, maka anda bisa meningkatkan tingkat energi dan suasana hati anda, sehingga dapat memadamkan keinginan anda untuk makan berlebih.

Ambilah Nafas Panjang dan Dalam
Ketika stres dan kecanduan makanan anda mulai menyerang, cobalah untuk melakukan tekhnik bernafas sederhana. Caranya, tarik nafas selama 4 detik, tahan nafas anda selama 7 detik, dan kemudian keluarkan secara perlahan selama 8 detik. Lakukan cara ini sebanyak 4 kali. Latihan ini memberikan anda waktu sejenak untuk diri anda sendiri sehingga menurunkan perasaan stres.

Makanlah Camilan yang Menyehatkan
Kecanduan makanan terhadap makanan manis dan permen merupakan akibat dari rasa bosan dan stres. Selain itu, menurut Sharon Collison, seorang ahli dan instruktur gizi dari University of Delaware mengatakan bahwa gula darah anda kemungkinan akan turun beberapa jam setelah anda makan. Maka dari itu, cobalah untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks dan protein seperti apel, kacang, atau buah pir. Dengan mendapatkan nutrisi dari makanan-makanan sehat tersebut, food craving anda akan makanan manis kemungkinan dapat dihilangkan.

Minum Air
Ambilah air putih dan mulailah meminumnya ketika kecanduan makanan mulai menyerang anda. Rubina Tahir, DC, menyarankan anda untuk meminum 2 gelas air agar anda kehilangan keinginan mengkonsumsi makanan-makanan manis yang tidak menyehatkan tersebut. Selain itu, air yang mengisi perut anda juga memiliki efek mengenyangkan sehingga jauh dari makan berlebih.

Sentuh Telinga Anda
Mungkin ini terdengar aneh, tetapi faktanya titik akupresur tertentu di telinga anda dapat menekan nafsu makan dan membantu mengatasi keinginan anda untuk mengemil. Menurut Debra Gerson, Lac, Dilp OM, FABORM, seorang pendiri Botanica Wellness Sanctuary menyarankan anda untuk menekan titik Shenmen secara lembut selama 1 menit penuh agar anda kehilangan hasrat untuk makan berlebih.

Mainkan Handphone Anda
Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa bermain video game sederhana seperti tetris selama 3 menit dapat menghilangkan food craving atau kecanduan makanan sebanyak 70%. Jadi, cobalah untuk melakukannya setiap kali kecanduan makanan tersebut mulai menyerang anda. Atau jika misalnya anda tidak terlalu suka memainkan game, cobalah untuk mengirim pesan kepada teman anda atau menonton video lucu. Aktivitas-aktivitas tersebut akan membuat pikiran anda melupakan makanan selama beberapa menit ke depan.

Konsumsi Makanan Tersebut di Jam Tertentu
Jika ke-enam tips di atas tidak berhasil, katakan kepada diri anda bahwa anda akan mengkonsumsi makanan-makanan manis tersebut nanti setelah selesai melakukan aktivitas atau pekerjaan. Dengan melakukan hal tersebut, maka makanan manis atau kue yang anda makan akan terasa lebih nikmat meskipun anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang sedikit, sehingga anda bisa mengontrol asupan makanan anda agar tidak makan berlebih.