7 Tanaman Herbal Untuk Mengatasi Kecemasan dan Serangan Panik

Weightnesia.com | Kecemasan dan serangan panik bisa menjangkiti siapa saja, terlebih di tengah-tengah zaman dan era modern saat ini. Banyak faktor yang bisa menyebabkan anda terkena kecemasan dan serangan panik, seperti tekanan pekerjaan, masalah finansial, kondisi kesehatan, atau bahkan masalah sosial dan asmara. Selain dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan rutinitas anda sehari-hari, kecemasan dan serangan panik juga meningkatkan resiko anda terkena gangguan saraf.

Beberapa obat-obatan seperti antidepresan (SSRI) atau sejenis obat penenang yang disebut dengan benzodiazepin mungkin bisa menjadi jawaban alternatif untuk anda. Tetapi sayangnya, jenis obat-obatan tersebut juga memiliki kekurangannya, seperti membuat anda ketergantungan, kecanduan, disfungsi seksual, bertambahnya berat badan, dan berbagai macam masalah komplikasi kesehatan lainnya.

Bahkan ketika anda memutuskan untuk berhenti menggunakan obat-obatan tersebut, anda masih akan mendapatkan efek sampingnya. Meskipun secara psikologis anda tidak akan merasa ketergantungan, tetapi berbeda dengan tubuh anda yang sudah menjadi “ketagihan”. Dengan begitu, ada baiknya anda memilih alternatif lain yang sama sekali tidak memberikan efek samping seperti itu, salah satunya adalah dengan menggunakan tanamana herbal.

Setidaknya terdapat 7 macam tanaman herbal yang bisa anda manfaatkan untuk mengatasi kecemasan dan serangan panik anda, dan berikut adalah daftarnya.

7 Tanaman Herbal Untuk Mengatasi Kecemasan dan Serangan Panik

Ashwagandha
Ashwagandha merupakan tanaman herbal yang terkenal dan biasa digunakan untuk pengobatan Ayurvedic dimana terbukti dapat melindungi sistem saraf dan mengurangi kecemasan. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa tidak hanya memiliki sifat melawan kegelisahan, Ashwagandha juga memiliki sifat pendorong sistem kekebalan tubuh yang sangat ampuh.

Brahmi
Brahmi (Bacopa Monnieri) merupakan tanaman yang banyak ditemukan di India, dimana telah digunakan untuk pengobatan Ayurveda selama ratusan tahun dan berguna dalam mengobati kecemasan serta fungsi kognitif. Brahmi meningkatkan dorongan transmisi sel saraf di otak. Penelitian juga menunjukkan bahwa tanaman ini dapat meningkatkan IQ, konsentrasi, dan kadar serotonin di otak sehingga bisa membuat anda merasa rileks dan mengurangi kecemasan.

Ginkgo Biloba
Ginkgo Biloba mendapatkan popularitas karena manfaatnya dalam meningkatkan daya ingat pada orang tua. Selain itu, penelitian juga telah menunjukkan bahwa Ginkgo Biloba juga dapat digunakan untuk mengatasi kecemasan dimana memiliki efek yang sama seperti benzodiazepin. Tetapi bedanya, Ginkgo Biloba lebih aman dan sehat karena tidak memberikan terlalu banyak efek samping.

Gotu Kola
Gotu kola telah banyak digunakan selama ribuan tahun di China, India, dan Indonesia untuk mengobati berbagai macam kondisi kesehatan. Anda bisa menggunakan tanaman ini untuk mengatasi masalah kulit, epilepsi, demam dan bahkan sifilis. Zat kimia yang ditemukan dalam gotu kola dikenal dengan sebutan triterpenoid yang juga memiliki sifat mengurangi perasaan cemas.

L-Theanine (Teh Hijau)
L-Theanine merupakan asam amino yang ditemukan dalam teh hijau dan telah terbukti dapat mengurangi kecemasan dan meningkatkan suasana hati. Sama halnya seperti kebanyakan tanaman herbal, L-Theanine mampu merelaksasikan tubuh anda selama berjam-jam. Bahkan para biksu di Jepang selalu menggunakannya agar mereka dapat bermeditasi secara tenang dan meningkatkan fokus secara bersamaan.

Passionflower (Bunga Gairah)
Passionflower atau dikenal dengan Bunga Gairah di Indonesia merupakan tanaman herbal asli dari Amerika Selatan yang telah banyak digunakan selama beratus-ratus tahun untuk obat penenang. Passionflower juga merupakan tanaman herbal untuk mengatasi kecemasan yang memiliki efek sama seperti benzodiazepin.
Tanaman ini bekerja dengan meningkatkan kadar neurotransmitter GABA sehingga dapat menghasilkan efek menenangkan di otak. Passionflower dianggap sebagai tanaman herbal yang lebih ringan dibandingkan dengan tanaman herbal lainnya, dan sangat aman digunakan bersamaan dengan jenis tanaman herbal lain untuk mengatasi kecemasan.

Valerian
Akar valerian berasal dari keluarga botani bersama dengan chamomile, yaitu tanaman herbal anti-kecemasan lainnya yang bisa anda gunakan secara aman. Tanaman ini telah digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan Ayurvedic untuk mengatasi kecemasan. Selain itu, valerian juga telah sering digunakan sebagai obat tidur alami.