8 Cara Alami Menyeimbangkan Kadar Hormon Dalam Tubuh Anda

Weightnesia.com | Hormon memiliki efek yang sangat besar terhadap kesehatan mental, fisik dan emosional anda. Zat kimia ini pada dasarnya memainkan peran penting dalam mengatur nafsu makan, berat badan, serta suasana hati anda.
Biasanya, kelenjar endokrin anda memproduksi sejumlah hormon yang dibutuhkan untuk berbagai macam proses di dalam tubuh anda. Tetapi, masalah ketidak-seimbangan hormon sudah menjadi hal yang biasa bagi orang-orang yang hidup di era serba instant saat ini. Selain itu, hormon tertentu juga akan mengalami penurunan seiring dengan berjalannya usia anda.

Untungnya, terdapat beberapa kebiasaan, gaya hidup dan pola makan yang dapat membantu memperbaiki kesehatan hormon anda. Di bawah ini terdapat sekurang-kurangnya 8 cara alami yang bisa anda lakukan, semoga bermanfaat!

Dapatkan Protein yang Cukup Setiap Kali Anda Makan
Mengkonsumsi protein dalam jumlah yang cukup sangatlah penting. Protein dapat menyediakan asam amino esensial yang dimana tubuh anda tidak dapat memproduksinya sehingga membuat anda harus mendapatkannya dari makanan agar menjaga kesehatan otot, tulang, dan kulit anda.

Selain itu, protein juga mempengaruhi pelepasan hormon yang mengendalikan nafsu makan dan asupan makanan. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi protein maka dapat menurunkan kadar hormon lapar yang disebut ghrelin dan merangsang produksi jenis hormon yang membantu anda merasa kenyang, termasuk PYY dan GLP-1.

Demi mengoptimalkan kesehatan hormon anda, para ahli menyarankan anda untuk mengkonsumsi protein sekurang-kurangnya 20-30 gram setiap kali anda makan.

Beraktivitas Fisik
Aktivitas fisik bisa sangat mempengaruhi kesehatan hormonal dalam tubuh anda. Manfaat utama dari berolahraga adalah kemampuannya dalam mengurangi kadar insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin.
Insulin sendiri merupakan hormon yang memiliki beberapa fungsi seperti membuat sel-sel mengambil gula dan asam amino dari aliran darah, kemudian digunakan untuk energi dan mempertahankan otot. Tetapi, terlalu banyak kadar insulin di dalam tubuh bisa sangat berbahaya.

Tingginya kadar insulin dalam tubuh telah dikaitkan dengan peradangan, penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Terlebih lagi, dapat menyebabkan anda terkena resistensi insulin,yaitu sebuah kondisi dimana sel-sel anda tidak dapat merespon sinyal insulin dengan benar.

Beberapa jenis aktivitas fisik telah terbukti dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar insulin seperti latihan aerobik, latihan kebugaran, dan latihan ketahanan.

Hindari Gula dan Karbohidrat Rafinasi
Gula dan karbohidrat rafinasi telah dikaitkan dengan berbagai macam masalah kesehatan. Sehingga jika anda berhasil menghindari atau meminimalkan makanan-makanan tersebut, maka anda bisa mengoptimalkan fungsi hormon dan terhindari dari obesitas, diabetes, serta penyakit berbahaya lainnya. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa fruktosa dapat meningkatkan kadar insulin dan mempromosikan resistensi insulin, terutama terhadap orang gemuk yang memiliki penyakit diabetes maupun pradiabetes.

Belajar Mengontrol Stres
Stres dapat merusak hormon anda. Dua jenis hormon utama yang paling terkena dampak adalah kortisol dan adrenalin. Kortisol merupakan jenis hormon yang dikenal sebagai “hormon stres” karena dapat membantu tubuh anda mengatasi stres dalam jangka panjang. Sementara adrenalin (dikenal juga sebagai epinefrin) merupakan hormon “fight or flight” yang memberi tubuh anda energi secara cepat dan langsung ketika anda dalam situasi yang berbahaya.

Konsumsi Lemak Sehat
Lemak alami berkualitas tinggi dalam makanan dapat menurunkan resistensi insulin dan nafsu makan. Contohnya adalah medium-chain triglycerides (MCT) atau trigliserida rantai menengah, yaitu jenis lemak yang sangat unik dimana nantinya akan diambil secara langsung oleh hati anda dan kemudian segera digunakan sebagai energi.
Jenis lemak ini telah terbukti dapat menurunkan resistensi insulin terhadap orang gemuk dan obesitas, serta terhadap orang yang tengah menderita diabetes. MCT yang menyehatkan ini bisa anda temukan dalam minyak kelapa.

Seimbangkan Pola Makan Anda
Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat menyebabkan pergeseran hormonal dan mengarah ke masalah kenaikan berat badan. Terlalu banyak makan telah terbukti dapat meningkatkan kadar insulin dan menurunkan sensitivitas insulin, terutama terhadap orang-orang dengan berat badan berlebih.

Di saat yang bersamaan, memotong asupan kalori terlalu banyak juga dapat meningkatkan kadar hormon stres bernama kortisol, dimana dikenal dapat mempromosikan kenaikan berat badan.

Minum Teh Hijau
Teh hijau merupakan minuman tersehat yang bisa anda temukan di seluruh dunia. Selain mengandung kafein yang dapat meningkatkan metabolisme, teh hijau juga kaya akan antioksidan yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG), dimana telah dikenal dapat memberikan berbagai macam manfaat kesehatan.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi teh hijau maka dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar insulin baik kepada orang sehat maupun kepada orang-orang dengan berat badan berlebih dan para penderita diabetes.

Sering-seringlah Mengkonsumsi Ikan Berlemak
Ikan berlemak merupakan sumber terbaik dari asam lemak omega-3, dimana memiliki sifat anti-radang yang sangat menakjubkan. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa ikan jenis ini dapat memberikan efek menyehatkan terhadap hormon, termasuk menurunkan kadar hormon stres kortisol dan adrenalin.

Untuk mendapatkan kesehatan yang lebih optimal, pastikan anda mengkonsumsi dua porsi atau lebih ikan berlemak setiap minggunya seperti salmon, tuna, sarden, dan makarel.