8 Jenis Sayuran Paling Sehat di Dunia yang Bisa Anda Konsumsi

Weightnesia.com | Kita semua sudah tahu bahwa sayuran sangat baik untuk kesehatan tubuh, tetapi sayangnya masih banyak orang yang malas untuk mengkonsumsinya. Padahal selain rendah kalori, sayuran juga dikemas dengan banyak vitamin, mineral dan serat, menjadikannya makanan yang sempurna untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Semua sayuran itu sangat menyehatkan, tetapi tentu saja terdapat beberapa sayuran yang memiliki manfaat berlebih seperti melawan peradangan atau mengurangi resiko anda terhadap penyakit tertentu. Sayuran tersehat diantara yang tersehat. Beberapa sayuran super tersebut bisa anda temukan dengan mudah di Indonesia, dan berikut adalah daftarnya.

8 Jenis Sayuran Paling Sehat di Dunia yang Bisa Anda Konsumsi

Bayam
Sayuran hijau ini menduduki puncak pertama sebagai sayuran tersehat di dunia berkat nutrisi yang dimilikinya. Setiap satu cangkir (30 gram) dari bayam saja sudah menyediakan sekitar 56% kebutuhan vitamin A dan vitamin K harian anda, ditambah lagi dengan sifatnya yang rendah kalori, yaitu sekitar 7 kalori. Bayam juga mengandung kadar tinggi akan antioksidan, dimana dapat membantu mengurangi resiko anda terkena penyakit kronis.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa sayuran hijau gelap seperti bayam sangat tinggi akan beta-karoten dan lutein, yaitu dua jenis antioksidan yang telah dikaitkan dengan menurunnya resiko anda terkena kanker.

Wortel
Sayuran tersehat berikutnya adalah wortel. Setiap satu cangkir (128 gram) dari sayuran ini mengandung 428% kebutuhan vitamin A harian anda. Wortel juga mengandung beta-karoten yang menyebabkan sayuran ini berwarna oranye, yaitu sejenis antioksidan yang dapat membantu mencegah anda terkena kanker. Wortel juga mengandung kadar tinggi akan vitamin C, vitamin K dan kalium.

Brokoli
Brokoli termasuk ke dalam keluarga cruciferous dan sangat kaya akan senyawa tanaman yang disebut dengan glucosinolate dan sulforaphane, dimana telah terbukti memiliki efek perlindungan terhadap kanker. Mengkonsumsi sayur brokoli juga dapat membantu mencegah anda terkena penyakit kronis lainnya.

Satu cangkir dari brokoli mentah (91 gram) menyediakan sekitar 116% kebutuhan vitamin K dan 135% kebutuhan vitamin C harian anda. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan folat, mangan dan kalium yang sangat baik untuk tubuh anda.

Bawang Putih
Bawang putih memiliki sejarah penggunaan yang sangat panjang sebagai tanaman obat, dimana tersebar mulai dari China hingga Mesir. Komponen utama dari sayuran ini adalah allicin. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih dapat mengatur gula darah serta mempromosikan kesehatan jantung.

Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan total kolesterol dalam darah, trigliserida, dan kolesterol jahat LDL, sementara meningkatkan kolesterol baik HDL di saat yang bersamaan.

Kale
Sama halnya dengan sayuran hijau lainnya, kale terkenal akan kualitas kesehatannya, termasuk kandungan nutrisi dan antioksidan. Satu cangkir dari kale mentah (67 gram) mengandung banyak sekali vitamin B, kalium, kalsium, dan tembaga. Selain itu, dapat juga memenuhi kebutuhan vitamin A, vitamin C, dan vitamin K harian anda.

Karena tingginya kadar antioksidan yang dimilikinya, kale juga sangat bermanfaat dalam mempromosikan kesehatan jantung. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi jus kale maka dapat menurunkan tekanan darah dan bermanfaat dalam mengurangi kadar gula darah serta kolesterol dalam darah.

Kacang Hijau
Kacang hijau dianggap sebagai jenis sayuran yang bertepung. Artinya, sayuran ini memiliki jumlah karbohidrat dan kalori dibandingkan sayuran non-tepung dan dapat mempengaruhi kadar gula darah ketika dikonsumsi dalam jumlah yang besar. Dan tentu saja, kacang hijau juga sangatlah bernutrisi.

Satu cangkir dari kacang hijau matang saja (160 gram) sudah menyediakan 9 gram serat, 9 gram protein, serta vitamin A, vitamin C, vitamin K, riboflavin, tiamin, niacin, dan folat. Karena kandungan seratnya yang sangat tinggi, kacang hijau juga sangat mendukung kesehatan pencernaan dengan meningkatkan bakteri yang menguntungkan di usus anda dan membantu anda buang air besar secara teratur.

Kacang hijau juga mengandung saponin, yaitu sejenis senyawa tanaman yang terkenal dengan efek anti kankernya. Penelitian telah menunjukkan bahwa saponin dapat membantu melawan kanker dengan mengurangi pertumbuhan tumor dan menyebabkan kematian sel terhadap sel-sel kanker.

Jahe
Akar jahe digunakan sebagai bahan utama untuk berbagai macam makanan dimulai dari makanan utama hingga pencuci mulut. Selain itu, semenjak zaman dahulu jahe telah sering digunakan sebagai obat alami untuk mabuk di perjalanan.

Jahe juga mengandung sifat anti radang yang sangat manjur, dimana dapat membantu dalam mengobati penyakit yang berhubungan dengan peradangan seperti arthritis, lupus atau asam urat. Penelitian lebih lanjut juga menunjukkan bahwa jahe dapat digunakan sebagai obat penyakit diabetes.

Kubis Merah
Sama halnya dengan brokoli, kubis merah juga termasuk ke dalam keluarga cruciferous yang mengandung banyak sekali antioksidan serta nutrisi. Satu cangkir dari kubis merah mentah (89 gram) saja sudah mengandung 2 gram serat serta 85% kebutuhan vitamin C harian anda.