34 Cara Menenangkan Diri, Hati, dan Pikiran Dengan Cara Sederhana

Weightnesia.com | Setiap manusia pasti pernah mengalami yang namanya perasaan cemas, khawatir, bahkan stres. Beberapa perasaan tersebut akan mengganggu kejiwaan seseorang dan jika tidak diobati dengan baik maka akan membuat seseorang akan mengalami banyak kesulitan. Namun yang paling sering atau mudah menyerang kejiwaan adalah perasaan cemas.

Perasaan yang satu ini disebabkan oleh munculnya pikiran negatif yang berisi ketakutan akan sesuatu buruk yang akan menimpa dikemudian hari. Sebaiknya pada saat rasa cemas timbul, sangat disarankan untuk bisa mengendalikan diri dan mengatasinya. Jika rasa cemas berhasil menguasai Anda, akan berdampak buruk bagi kesehatan fisik maupun psikis akan menjadi terganggu.

Cara Sederhana Dalam Menenangkan Diri

Pada dasarnya rasa cemas, khawatir dan stres masih bisa dilawan dan diatasi dengan berbagai cara mudah dan sederhana. Terdapat beberapa cara sedrhana yang dapat dilakukan untuk mengurangi dan mengatasi permasalahan tersebut. Nah berikut ini cara sederhana dalam menenangkan diri yang bisa Anda gunakan pada saat perasaan tersebut timbul:

1. Menggenggam batu

Cara sederhana yang pertama yang dapat Anda lakukan adalah menggenggam batu. Cara ini walau terlihat sepe dan tidak masuk akal, namun percaya atau tidak mampu mengatasi dan mengurangi rasa khawatir dan cemas. Jika Anda sedang dilanda cemas atau khawatir, cukup mencari atau menyediakan batu atau kerikil kemudian genggam batu tersebut dengan mengatur pernafasan. Hal ini mampu membantu otot-otot dalam tubuh yang tegang menjadi rileks. Menurut pakar ahli percaya, jika menggenggam batu mampu membuat perasaan secara perlahan menjadi lebih rileks, nyaman, dan menghindarkan dari rasa cemas yang berlebihan cenderung mendekati stres.

2. Menggigit pensil

Cara yang kedua ini cukup terbilang unik dan tak lazim, karena menggunakan media pensil. Percaya atau tidak, jika pensil mampu mengurangi masalah rasa cemas dan mengatasi stres. Hal menarik lainnya adalah cara untuk mendapat manfaat dari pensil tersebut yaitu dengan cara menggigitnya. Walau terlihat tidak higienis, namun cara ini manjur untuk menenangkan pikiran yang sedang cemas. Hal ini banyak digunakan oleh para pelajar yang sedang dihadapkan dengan ujian. Selain mampu mengatasi masalah kecemasan, ternyata menggigit pensil juga bisa mengatasi sakit kepala atau migrain.

3. Mencium dan merasakan aroma teh serta lemon

onsumsilah minuman yang dapat menenangkan jiwa, salah satunya adalah minuman yang berbahan teh dan juga lemon. Mengapa demikian? Karena aroma dari teh dan lemon memiliki ciri khas tersendiri. Hal inilah yang membuat pikiran menjadi lebih tenang dan nyaman. Jika hal tersebut sudah dirasakan maka rasa cemas, khawatir, dan stres dapat berkurang dan terobati. Kandungan nutrsi dan vitamin yang terdapat dalam teh dan lemon sangat baik untuk fisik dan juga psikis. Terlebih teh hijau memiliki aromaterapi yang dapat membuat pikiran menjadi segar dan santai.

4. Mendengarkan lagu

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa cemas dan khawatir adalah mendengarkan lagu. Bagi Anda yang sedang dilanda cemas dan khawatir bisa Anda mendengarkan lagu yang Anda sukai, namun sebaiknya mendengarkan lagu-lagu tenang atau lagu yang berisikan motivasi. Jika tidak suka mendengarkan lagu, bisa diganti dengan mendengarkan gemercik air atau sgala sesuatu yang dapat menenangkan diri yang ada di alam bebas.

5. Berbagi masalah kepada orang terdekat

Sangat disarankan kepada setiap orang yang memiliki masalah ataupun ada kendala perasaan hati yang tidak bisa diobati dengan sendiri maka solusinya adalah cerita atau berbagi masalah kepada orang yang dipercaya. Hal ini membuktikan dari berbagai penelitian jika seseorang telah menyampaikan keluhan isi hati, sedikitnya bisa mengobati perasaan yang sedang gundah.

6. Meminta motivasi dari orang lain

Selain berbagi masalah kepada orang lain, Anda juga bisa meredakan masalah dan pikiran dengan cara meminta kepada orang yang anda percaya untuk memotivasi diri Anda. Lebih baik meminta motivasi kepada orang terdekat seperti orang tua, saudara, teman sahabat, yang lebih mempunyai pengalaman. Selain dari orang lain Anda juga bisa termotivasi dari berbagai hal, misalnya menonton film tentang motivasi, seminar, baca buku, dan lainnya.

7. Melakukan peregangan otot (pemanasan)

Ketika Anda sedang gundah, sedih, ataupun tertekan oleh suatu permasalahan. Cobalah lakukan tips yang ke tujuh ini. Yaitu melakukan olahraga ringan, tidak usah jauh-jauh ditempat Anda sekarang pun bisa. Melakukan peregangan otot ini bertujuan agar otot-otot Anda tidak kaku dan tegang. Dengan melakukan olahraga ringan oksigen akan mengalir lebih kencang dari biasanya dari sirkulasi tubuh Anda. Dengan hal ini Anda akan merasakan jauh lebih tenang dari sebelumnya baik dalam hati maupun pikiran. Lebih baik melakukannya secara rutin meskipun Anda sedang baik-baik saja. Karena inilah mengapa olahraga sangat dianjurkan, selain untuk kesehatan tubuh, olahraga ringan pun dapat meredakan pikiran Anda yang sedang gundah.

8. Senantiasa mengingat Tuhan YME

Dengan selalu mengingat Tuhan Yang Maha Esa, kita akan lebih percaya diri dalam menjalani hidup ini. Dan apa yang Anda jalani sekarang tidak akan merasa terpaksa karena semata-mata merupakan salah satu ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan beribadah kita akan merasa lebih bersyukur dengan apa yang telah Tuhan berikan kepada kita.

9. Mengubah cara pandang kita terhadap suatu masalah

Artinya kita selalu senantiasa berpikiran positif terhadap suatu hal yang tentu buruk. Biasanya hal ini terjadi dengan apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang misalnya merasa cemas akan sesuatu. Misalnya ketika kita sedang merasa tertekan dengan masalah pekerjaan, kita berpikirlah postitif karena mereka diluar sana banyak yang menginginkan pekerjaan yang kita lakukan. Belum tentu rumput tetangga lebih hijau daripada rumput kita.

10. Menata ulang lingkungan

Salah satu solusi untuk menenangkan pikiran adalah melakukan penataan kembali dengan tempat kita misalnya kamar, ruang kerja, ataupun rumah. Hal ini akan merasa lebih tenang karena ada suasana baru yang berbeda dari sebelumnya. Selain suasana baru, pikiran dan pandangan kita juga akan sedikit berubah yang bisa memberikan rasa segar kembali tidak sumpek juga tidak akan merasa bosan dengan apa yang kita lihat. Maka dari itu cobalah menata ualng kembali lingkungan Anda.

11. Melakukan relaksasi

Memang melakukan relaksasi akan membuat kita tenang, cobalah melakukan relaksasi dengan yang sederhana seperti mengatur pernafasan kita dan pemanasan tubuh. Pikiran Anda akan lebih tenang karena otot-otot yang ada di dalam tubuh kembali sesuai dengan fungsinya setelah melakukan relaksasi dengan benar. Anda juga bisa menambahkan beberapa aroma terapi yang bisa membuat kembali suasana menjadi lebih rileks dan pikirkanlah masalah-masalah yang dihadapi dengan jernih agar mendapatkan solusi yang terbaik untuk mengambil suatu keputusan.

12. Mengasingkan diri

Selanjutnya adalah mengasingkan diri yang berarti mencoba menyendiri sejenak sampai pikiran Anda kembali tenang. Keluarlah dan cari tempat yang sejuk tanpa ada kebisingan dan tempat yang sangat tenang. Biasanya hal ini terdapat di beberapa daerah pegunungan. Anda akan dapat berpikir lebih jernih karena tidak ada orang lain yang bisa menekan dalam sebuah masalah.

13. Melakukan Olahraga

Selain peregangan otot, beri sedikit waktu diri Anda untuk melakukan olahraga. Dengan melakukan olahraga tubuh akan mendapatkan oksigen lebih banyak dibandingkan saat Anda memikirkan sesuatu sehingga Anda akan lebih merasakan kenyamanan hati dan pikiran lebih tenang. Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup olahraga ringan saja seperti jogging, renang, senam, yoga, dan lainnya supaya pikiran Anda lebih fresh. Melakukan olahraga juga dapat mencegah stress datang kembali asalkan dilakukan dengan rutin minimal seminggu sekali. Usahakan tiap libur sempatkan waktu 1 jam untuk melakukan olahraga ringan.

14. Mendengarkan musik

Sebagian besar terutama para kaum wanita dapat menenangkan diri, hati dan pikirannya dengan cara mendengarkan musik favorit mereka. Banyak yang membuktikan dengan cara mendengarkan musik dapat menenangkan pikiran dan hal ini juga disarankan oleh beberapa klinik terapis. Biasanya musik yang bergenre klasik akan membuat hati tenang seperti musik berinstrumen biola, gitar, piano, dan lainnya. Namun pastinya setiap orang berbeda-beda kharakter dan kesukaannya maka adaptasikan dengan musik kesukaan Anda.

15. Tertawa

Anda pasti tahu mengapa tertawa adalah salah satu cara untuk membuat pikiran menjadi hilang dengan sendirinya dan akhirnya pikiran menjadi lebih tenang dari sebelumnya. Tertawa juga dapat membuat kita menjadi sehat dan awet muda. Caranya sangat mudah, Anda bisa menonton serial komedi kesukaan Anda atau berkumpul dengan teman-teman yang memiliki humoris tinggi.

16. Berpikiran positif

Tentu saja setiap orang harus memiliki pikiran positif, hal ini akan meminimalisir kegundahan kita terhadap suatu yang akan dihadapi. Pikiran positif dengan sendirinya akan menstimulasi otak bahwa kita dapat menghadapi setiap masalah dalam kehidupan ini. Dengan berpikiran positif juga kita akan merasa lebih yakin dan percaya diri.

“Karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan” (Qs Al-Insyirah 5-6).

17.  Melakukan banyak ibadah

Hal ini sama seperti halnya menginat kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ketika kita menghadapi masalah yang sulit, berarti pertanda Tuhan meningingatkan kepada kita bahwa kita sudah lama telah melupakan Tuhan kita. Bersyukurlah karena Tuhan telah mengingatkan. Beribadahlah dan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan YME, karena memang ibadah lebih giat lagi akan mengurangi beban dan masalah yang akan kita hadapi di masa yang akan datang. Ingat Tuhan tidak akan memberikan masalah lebih dari kemampuan kita.

“Hanya kepada-Mulah kami menyembah, dan hanya kepada-Mulah kami meminta pertolongan” (QS. Al Fatihah 5).

18. Sabar

Setiap orang ketika kita curhat kepada orang lain pasti mereka menyarankan kita dan bilang sabar. Ketika kita dapat bersabar maka dengan sendirinya kita akan pasrah kepada Tuhan dan membuat seseorang akan menerima siap apapun masalah yang akan dihadapi.

Allah Ta’ala berfirman: “Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar”(Qs. Al-Baqarah 153).

19. Sering melakukan aktifitas diluar rumah

Selain dapat melupakan sedikit beban pikiran, melakukan aktifitas diluar rumah Anda akan lebih banyak terhibur dari orang lain. Kurangi intensitas menyendiri, menyendiri boleh namun jangan dilakukan dengan berlebihan.

20. Bermain/ camping di pegunangan bersama teman

Sudah terbukti ampuh bahwa camping ke pegunungan akan membuat suasana lebih nyaman, hati dan pikiran akan terobati dengan sendirinya ketika kita lebih banyak melihat penghijauan. Warna hijau memberi ketenangan terhadap mata dan membuat sejuk hati. Ajaklah beberapa teman untuk piknik ke daerah disaat Anda sedang berlibur.

21. Menangis

Tahukah Anda bahwa menangis juga dapat melegakan pikiran loh, makanya setiap wanita ketika sedang mendapatkan masalah mereka otomatis akan menangis. Namun bukan berarti bahwa kaum pria juga tidak bisa menangis.

22. Selalu menghargai yang ada dalam potensi kita

Mulailah membedah diri dengan cara mengeksplor potensi dan gali lebih jauh, jadilah diri sendiri tanyakan kepada diri ketika mendapatkan masalah hal apa yang akan bisa membuat Anda lebih tenang.

Cara Menenangkan Diri, Hati, dan Pikiran Dengan Cara Sederhana lainnya adalah dengan cara:

  1. Curhat dengan orang lain
  2. Melakukan komunikasi
  3. Mengingat Tuhan sang maha pencipta
  4. Melakukan hubungan baik dengan keluarga
  5. Fokus pada jenis warna yang dapat menenangkan seperti warna hijau yang telah dijelaskan sebelumnya
  6. Menggunakan aroma terapi yang memberikan rasa nyaman
  7. Menghindari kebisingan
  8. Mencoba menyampaikan komunikasi dengan benar dan baik
  9. Mengubah sedikit kebiasaan buruk

Sedangkan cara menenangkan diri dengan cara islami adalah:

  1. Bawa-bawalah bertenang
  2. Biasakan diri berada dalam keadaan suci dari najis (Menjaga Wudhu)
  3. Membaca al-Quran, zikir dan selawat
  4. Cintai diri sendiri
  5. Perbanyak menjalankan Sholat-sholat Sunnah
  6. Selalu berdoa kepada Allah SWT
  7. Bersangka baik dengan Allah SWT
  8. Mengurus masa dengan baik
  9. Berhubung dengan keluarga, saudara, dan tetangga
  10. Lakukan aktivitas di luar rumah
  11. Sholat
  12. Dzikrullah (Mengingat Allah)

Nah itulah beberapa cara sederhana yang dapat Anda pergunakan dalam menenangkan diri. Semoga hati dan pikiran kita bisa kembali tenang serta selalu bisa lebih dekat dengan Sang Pencipta. Adukan semua persoalan yang kita hadapi hanya kepada Allah. Karna Ia lebih berhak mendengarkan keluh dan kesah semuahamba-hamba-Nya. Semoga artikel tersebut yang berjudul cara menenangkan diri, hati, dan pikiran semoga dapat bermanfaat.