30 Makanan Yang Mengandung Zat Besi Pengganti Daging

Weightnesia.com | Memiliki berat badan yang ideal dan sehat menjadi keinginan dari semua orang terutama bagi kaum wanita. Agar impian tersebut dapat terlaksana secara cepat, maka tak jarang ada segelintir orang rela melakukan apa saja terutama diet ekstrem. Biasanya orang yang melakukan diet ekstrem akan menjadi vegetarian, menghindari asupan makanan yang mengandung daging. Padahal dalam sebuah daging, terdapat kandungan yang baik untuk tubuh yaitu zat besi. Kandungan ini merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh untuk menunjang kebutuhan energi.

Manfaat Kandungan Zat besi Bagi Tubuh

Zat besi memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, Berikut ini beberapa manfaat mengapa kita harus sering mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dengan jumlah yang cukup:

  • Zat besi bermanfaat untuk proses haematopoiesis. Haematopoiesis adalah proses pembentukan sel darah merah pada tubuh yang melibatkan arteri paru-paru serta menjadi bagian dari hemoglobin.
  • Zat besi dapat mendukung fungsi otot tubuh berfungsi dalam menggunakan oksigen dan mengubah zat-zat yang terkandung makanan menjadi energi seperti hal nya karbohidrat. Zat besi juga dapat mendukung fungsi enzim dalam tubuh.
  • Peran enzim sangat penting dalam membantu tubuh untuk menjalankan sistem kekebalan tubuh, serta menjalankan fungsi pencernaan dan pertumbuhan.
  • Zat besi mendukung fungsi pertumbuhan dan sistem metabolisme sangat bagus untuk wanita menyusui dan sedang hamil.

Makanan Yang Mengandung Zat Besi Pengganti Daging

30 Makanan Yang Mengandung Zat Besi Pengganti Daging

Apabila Anda ingin melakukan diet, dengan tidak memperoleh asupan daging namun masih ingin mendapat asupan nutrisi zat besi yang baik untuk tubuh. Nah, berikut ini makanan yang mengandung zat besi pengangganti daging untuk diet yang bisa Anda coba di rumah:

Bayam dan Paprika Merah

Menu makanan pertama pengganti zat besi dari daging adalah bayam dan paprika merah. Bayam merupakan salah satu dari sekian banyak sayuran hijau yang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Bayam salah satu sayuran yang paling banyak disukai dan mudah ditemukan di berbagai pasar tradisional, harganya pun sangat terjangkau. Dengan warnanya yang hijau tentunya bayam memiliki banyak nutrisi dan zat antioksidan lainnya. Inilah manfaat mengkonsumsi bayam:

  • Bayam mengandung serat yang tinggi dan kalori rendah. Tentunya dapat membantu menurunkan kadar kolestrol dan menurunkan berat badan tubuh.
  • Memiliki kandungan kalium bermanfaat untuk membantu mengontrol fungsi detak jantung, mencegah proses kerusakan enzim, dan mengatur tekanan dalam darah.
  • Zat besi yang terkandung dalam sayur bayam dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh serta mendukung fungsi enzim.

Sementara untuk paprika merah sendiri memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk tubuh. Nah keduanya dapat dijadikan sebagai asupan menu diet yang baik. Selain memberikan asupan yang cukup untuk tubuh, manfaat kesehatan lainnya masih bisa kita peroleh dari kedua sayuran ini.

Brokoli dan Tomat

Brokoli adalah sayuran yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Sedangkan buah tomat memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Tomat dapat menyegarkan tubuh, sayuran yang memiliki kandungan air yang tinggi. Kandungan C dalam sayur tomat sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan berperan sebagai zat antioksidan yang berfungi meningkatkan kekebalan tubuh terutama dari berbagai penyakit kanker. Tentunya selain itu sayur tomat memiliki berbagai jenis kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan yang terdapat dalam kedua sayuran ini sangat baik untuk asupan saat diet. Asupan yang satu ini bisa Anda konsumsi mentah atau bisa juga diolah terlebih dahulu.

Cokelat Hitam dan Strawberry

Menurut para pakar ahli gizi menyebutkan jika cokelat hitam adalah makanan yang tinggi akan kandungan zat besi. Sementara untuk buah strawberry merupakan salah satu buah yang kaya dengan kandungan vitamin C dan beberapa vitamin baik lainnya bagi tubuh. Untuk asupan diet Anda bisa menggunakan satu gelas yogurt dan irisan buah strawberry agar tubuh tetap kenyang dan program diet berjalan dengan baik. Selain itu Anda juga bisa menggunakan sereal yang ditambah dengan cokelat hitam sebagai menu sarapan atau sebagai menu diet harian Anda yang baik untu tubuh.

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet sehat dan masih ingin mendapatkan asupan zat besi yang baik untuk tubuh, itulah beberapa asupan baik yang dapat Anda pergunakan. Asupan lainnya yang mengandung zat besi dan masih bisa dipergunakan adalah kacang-kacangan dan ikan lele.

Asparagus

Anda tahu makanan yang memiliki kandungan zat besi tinggi ini? Ya asparagus. Asparagus adalah makanan sejenis sayuran, biasanya tumbuh di negara yang memiliki 4 musim. Meskipun asparagus ini tidak tumbuh di negara Indonesia, namun kita masih dapatmenemukannya di berbagai supermarket impor dari luar negeri. apa keuntungan zat besi yang terkandung dalam makanan asparagus ini? Berikut ini ulasannya.

Zat besi dalam asparagus dapat mendukung proses pembentukan sel darah merah, selain itu dapat mencegah tubuh terhadap penyakit kanker. Asparagus juga mengandung nutrisi seperti serat, vitamin C, vitamin A, dan asam folat yang sangat baik bagi tubuh untuk mengatur kadar gula dalam darah dan membantu meningkatkan insulin dalam tubuh.

Edamame

Salah satu kacang-kacangan yang memiliki kandungan zat besi paling tinggi yaitu kacang edamame. Edamame adalah kacang yang berasal dari negara sakura (jepang). Rasa yang dimiliki kacang edamame terasa sangat menyegarkan dan enak. Cukup direbus saja Anda bisa langsung menyantapnya tanpa mengurangi kandungan zat besi didalamnya. Selain memiliki kandungan zat besi kacang edamame ini memiliki gizi dan nutrisi lainnya, seperti:

  • Vitamin D, fospor, magnesium, folat, mangan dan berbagai jenis gizi lainnya.
  • Memiliki kandungan asam lemak sehat (tak jenuh) yang baik untuk menurunkan kadar kolestrol.
  • Memiliki kandungan isoflavon. Isoflavon adalah zat yang mengandung estrogen yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan meningkatkan metabolism

Selain edamame kacang-kacangan yang memiliki zat besi tinggi diantara:

  1. Kacang merah
  2. Kacang koro
  3. Kedelai
  4. Kacang kapri

Labu

Labu memiliki berbagai jenis nutrisi namun sebagian besar terkadang tidak terlalu menyukainya karena rasa yang kurang menyenangkan. Labu seperti buah lainnya yaitu memiliki serat yang tinggi, supaya rasanya lebih enak biasanya labu disajikan dengan berbagai olahan seperti kolak dll. Labu sangat cocok bagi seseorang yang menjalani program diet karena labu dapat merasa kenyang lebih lama dengan adanya karbohidrat yang tinggi. Selain memiliki kandungan zat besi, berikut kandungan nutrisi dalam labu:

Labu memiliki kandungan viatamin A, yang sangat baik bagi kesehatan mata. karena memiliki serat tinggi tentu saja labu dapat melancarkan proses pencernaan.

Kentang

Kentang sudah familiar di kalangan masyarakat kita, sering kali dijadikan sebagai makanan olahan seperti sup dan sambal goreng kentang. Namun di negara lain kentang sering dijadikan makanan utama karena nutrisi beragam. Kentang juga baik untuk orang yang menjalani program menurunkan berat badan

Bit

Bit merupakan salah satu jenis makanan umbi-umbian. Bit biasanya memiliki warna ungu dan tekstur yang renyah. Olahan bit sering kali digunakan sebagai bahan salad, jus dan lainnya. Bit memiliki manfaat yang banyak meskipun rasanya kurang menyenangkan bagi sebagian orang yang tidak menyukainya. Bit sangat cocok bagi wanita yang sedang menyusui dan wanita hamil karena nutrisinya akan kaya. Berikut ini manfaat mengkonsumsi bit:

  • Selain memiliki kandungan zat besi, bit terdapat zat asam folat, magnesium, kalium fospor, serta vitamin C, vitamin A, vitamin B, bit dapat membantu melawan radikal bebas dan sel kanker.
  • Cocok bagi orang yang sedang sedikit depresi karena ada kandungan betain yang dapat mengatasi depresi serta penyakit lambung.

Caviar

Memang makanan yang satu ini sudah ter-cap makanan paling mahal di dunia, biasanya caviar ini dapat ditemukan di pasar modern seperti supermarket. Caviar merupakan salah satu jenis makanan laut yaitu telur dari ikan laut sturgeon. Ikan sturgeon yaitu ikan yang paling langka menurut penelitian yang telah ada dari jaman dahulu sampai sekarang hanya ditemukan 26 spesies ikan sturgeon. Dengan kelangkaannya sudah pasti kenapa bahwa ikan ini memiliki kandungan gizi yang sangat kaya terutama dalam kandungan zat besi nya. Kelebihan caviar ini antara lain:

Caviar dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi, memiliki berbagai jenis viatamin diantaranya vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Memiliki kandungan zat besi yang banyak, kalsium, zinc, dan seng tentunya dapat membantu melawan berbagai infeksi dalam tubuh serta dapat memproduksi sel darah merah pada tubuh manusia. Lemak omega 3, dalam setiap ikan laut pastinya terdapat kandungan lemak sehat yaitu omega 3, namun makanan paling mahal di dunia ini lebih tinggi kandungan omega 3 nya daripada ikan laut lainnya.

Selain makanan di atas yang memiliki kandungan zat besi paling tinggi diantara:

  1. Alpukat
  2. Markisa
  3. Kurma
  4. Sukun
  5. Gurita
  6. Hati sapi
  7. Tiram
  8. Kepiting
  9. Sarden
  10. Bebek
  11. Daging Sapi
  12. Ikan Makarel
  13. Daging Kambing
  14. Telur

Semoga artikel tersebut yang berjudul makanan yang mengandung zat besi pengangganti daging dapat bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba.