Manfaat L-Theanine atau Teh Hijau Untuk Kesehatan Anda

Minat penggunaan terhadap L-theanine – asam amino yang ditemukan dalam teh hijau – semakin meningkat. Salah satu alasannya karena nutrisi ini dikenal memiliki efek menenangkan dan meningkatkan kewaspadaan di saat yang bersamaan. Tentu saja, hal ini telah didukung oleh beberapa penelitian yang dilakukan selama 2 tahun terakhir ini.

Dalam beberapa penelitian lainnya, telah ditemukan pula bahwa L-theanine dapat bereaksi di dalam otak anda, dimana nutrisi tersebut memiliki berbagai macam manfaat dan bahkan dapat mengurangi resiko anda terkena stroke. Manfaat L-theanine atau teh hijau ternyata tidak sebatas sampai di sana, melainkan masih banyak hal yang bisa dilakukan terhadap tubuh dan otak anda. Ingin tahu apa sajakah itu? Dan berikut adalah beberapa manfaat L-theanine atau teh hijau untuk anda.

Sangat Baik Untuk Relaksasi
Salah satu manfaat L-theanine yang paling banyak diteliti manfaatnya adalah kemampuannya untuk membuat anda merasa rileks tanpa sedasi, yaitu sejenis obat yang diberikan untuk menenangkan pasien. Tentu saja, manfaat luar biasa ini telah terbukti oleh beberapa penelitian dan ulasan jurnal ilmiah.

Seperti contohnya, sebuah penelitian di Jepang yang melibatkan 18 orang siswa telah menunjukkan bahwa L-theanine dapat meningkatkan aktivitas gelombang alfa di otak, menurunkan denyut jantung yang tinggi, memperbaiki kinerja kognitif, dan meningkatkan waktu reaksi.

Lantas, apa itu gelombang alfa?
Untuk menjawabnya, anda harus mengetahui dulu jenis-jenis gelombang di otak. Pada dasarnya, gelombang tersebut dibagi ke dalam 5 grup yang berbeda:

  • Gelombang Delta (0,5 – 3 Hz): Ini merupakan jenis gelombang otak terendah yang membuat anda tertidur nyenyak tanpa bermimpi.
  • Gelombang Theta (3 – 8 Hz): Gelombang ini juga terkait dengan tidur, tetapi hanya bisa ditemukan dalam kondisi ‘Zen’ saat latihan meditasi.
  • Gelombang Alfa (8 – 12 Hz): Gelombang jenis ini diduga sebagai keadaan asli atau default dari otak anda. Gelombang ini bisa dihasilkan ketika anda melakukan meditasi atau latihan aerobik, dimana menghasilkan perasaan tenang, rileks, dan terjaga.
  • Gelombang Beta (12 – 30 Hz): Gelombang ini merupakan jenis gelombang ‘kewaspadaan’ dan biasanya mendominasi aktivitas otak anda selama terjaga, dimana dapat mempercepat komunikasi antar neuron sehingga membuat anda dapat berpikir, waspada, dan meningkatkan perhatian akan sesuatu. Namun terlalu banyak aktivitas gelombang beta di otak dapat meningkatkan resiko anda terkena depresi dan kecemasan.
  • Gelombang Gamma (25 – 100 Hz): Merupakan tipe tercepat dari komunikasi neuron dan dikaitkan dengan pemrosesan informasi secara bersamaan dari berbagai area di otak. Gelombang ini dapat membuat anda berada dalam kondisi kesadaran tingkat tertinggi.

Para ahli sudah lama mengetahui bahwa gelombang alfa dapat meningkatkan relaksasi dan ketenangan, sehingga mereka sepakat bahwa gelombang alfa sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang tinggal di zaman modern ini, mengingat mereka sering dibom-bardir oleh aktivitas-aktivitas yang selalu merangsang kewaspadaan dan perhatian.

Mengurangi Stres
Terlepas dari efek relaksasinya yang luar biasa, L-theanine juga sangat baik untuk mengurangi stres. Banyak orang yang telah menggunakan L-theanine mengaku dapat mengurangi stres mereka, dan faktanya ini merupakan efek utama dari nutrisi tersebut.

Dalam sebuah penelitian di Jepang di tahun 2012 menemukan juga bahwa L-theanine dapat menurunkan tekanan darah dalam menanggapi rangsangan stres secara signifikan. Penelitian lainnya juga menemukan bahwa L-theanine dapat membantu menurunkan denyut jantung sebagai respon terhadap stres.

Meningkatkan Kualitas Tidur
Berbeda dengan teh biasa yang mengandung kafein, L-theanine yang ditemukan dalam teh hijau justru dapat meningkatkan kualitas tidur anda karena efek menenangkan yang dimilikinya. Menggunakan L-theanine sebagai obat tidur alami juga merupakan pilihan yang terbaik karena hampir tidak memiliki efek samping yang berbahaya.

Meskipun begitu, teh hijau juga masih memiliki kandungan yang tinggi akan kafein. Satu cangkir saja sudah memiliki sekitar sepertiga jumlah kafein yang berada di dalam kopi. Tetapi, kombinasi antara L-theanine dan kafein dalam teh hijau tersebut mampu memberikan sinergi yang luar biasa. Contohnya, dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa L-theanine ternyata mampu menghilangkan efek negatif dari kafein yang biasanya membuat anda merasa gelisah dan cemas.