10 Penyebab Hasil Program Diet Menjadi Kurang Maksimal

Weightnesia.com | Memiliki aktifitas padat, seringkali membuat seseorang tidak sadar jika hal tersebut membuat berat badannya terus bertambah dan menjadikan tubuh terlihat lebih gemuk. Hal tersebut membuat kebanyakan orang akan melakukan program diet ketat atau ekstrem. Namun sayangnya diet ketat yang sedang dijalani tidak memuaskan atau hasil yang diperoleh kurang maksimal. Padahal semua peraturan dan tata cara yang kita lakukan sudah benar dan sesuai dengan apa yang harus dilakukan.

Sebenarnya pada saat melakukan diet, banyak permasalahan yang tanpa kita sadari membuat proses atau program diet menjadi terganggu. Walaupun langkah yang kita lakukan sudah benar seperti mengurangi porsi makan, mengurangi asupan karbohidrat, dan sebagainya, namun tubuh tetap gemuk saja tidak ada perubahan. Terdapat permasalahan sepele yang dapat merusak semua program diet Anda, apa saja penyebab kegagalan program diet Anda tersebut?

Berikut ini 3 penyebab hasil program diet menjadi kurang maksimal, diantaranya adalah:

1. Kualitas tidur buruk

Penyebab yang pertama adalah kualitas tidur Anda yang buruk, padahal tidur merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi setiap manusia. Setidaknya bagi orang dewasa harus memenuhi waktu tidur sekitar 6-7 jam per harinya. Apabila tidur yang Anda peroleh kurang atau lebih dari waktu tersebut, hal ini dapat menjadi penyebab kegemukan. Maka program diet yang Anda lakukan selama ini akan mengalami kegagalan. Tidur yang cukup dapat membuat kesehatan tubuh dan psikis menjadi lebih baik.

Selain waktu tidur yang cukup, Anda juga harus menjaga kualitas tidur karena hal ini menjadi salah satu penentu keberhasilan dari program diet. Jika kualitas tidur tidak dapat Anda jaga, maka program diet yang selama ini dilakukan akan berakhir sia-sia saja.

2. Stres

Penyebab kedua adalah stres atau mengalami depresi. Jika mental dan jiwa sedang tertekan maka secara sadar atau tidak, hal tersebut akan membuat hormon kortisol seseorang akan mengalami perubahan yang sangat drastis. Hal inilah yang akan mendorong nafsu makan seseorang timbul lebih dari biasanya, maka akan berpengarus pada pola makan. Maka dengan kata lain, program diet ketat yang selama ini dijalani akan gagal dengan mudahnya. Ada beberapa orang yang sebaliknya, jika sedang depresi tubuh menolak untuk makan dan membuatnya menjadi kurus, Namun pada umumnya seseorang justru akan menjadi semakin gemuk ketika mengalami depresi atau stres.

3. Makan terlalu larut

Bagi para wanita karir, bekerja sampai larut malam sudah menjadi hal yang biasa. Lembur dapat menguras banyak tenaga, maka tak jarang jika saat bekerja atau setelahnya seseorang akan menyempatkan diri untuk makan. Walaupun hanya sedikit, makan atau ngemil ketika lewat jam makan malam. Hal tersebut dapat menjadi sebuah penyebab program diet menjadi gagal. Usahakan untuk makan tepat waktu, disarankan untuk makan malam sebelum jam 8 malam.

4. Terlalu fokus pada diet

Sebagian besar orang yang ingin menurunkan berat badan mereka hanya fokus pada program dietnya, padahal banyak yang harus diperhatikan juga selain fokus pada diet. Diantaranya faktor yang harus diperhatikan adalah olahraga dan tidur yang cukup dan teratur. Hal ini sangat penting untuk Anda yang ingin memiliki badan proporsional dan ideal seperti yang Anda idamkan.

5. Sering kali melampiaskan emosi dengan makan

Apakah Anda seperti hal diatas? Kebanyakan wanita memiliki kebiasaan seperti ini. Ketika merasakan hal yang kesal, marah, stress, mereka selalu ingin melampiaskannya dengan makan yang berlebihan. Jika Anda memiliki kebiaaan seperti ini, mulai dari sekarang sedikit demi sedikit harus dihentikan. Hentikan kebiasaan buruk tersebut dengan cara mengalihkan pikiran Anda ke hal-hal yang positif seperti melakukan aktifitas hobi Anda atau bisa juga menceritakan (curhat) kepada orang terdekat Anda. Misalnya kepada keluarga, teman yang dipercaya, dan sahabat Anda supaya kekesalan Anda sedikitnya terobati.

6. Kurang olahraga

Olahraga menjadi salah satu hal yang paling penting ketika Anda yang sedang menjalani program diet. Meskipun diet yang ketat tetapi tidak diimbangi dengan latihan fisik tidak akan membawa perubahan tubuh yang maksimal. Maka dari itu Anda sebaiknya melakukan latihan fisik setiap hari secara rutin dan teratur. Sebenarnya tidak harus melakukan olahraga berat, agar tidak menyebabkan resiko berat cukup saja melakukan olahraga ringan. Seperti lari pagi, bersepeda, senam, yoga, selama 30 menit sehari itu sudah lebih dari cukup. Anda juga bisa menggunakan alat-alat yang bisa membakar lemak dan kalori berlebih dari tubuh Anda.

7. Diet terlalu ketat

Jika anda sebelumnya sering kali makan-makanan yang berelebihan, tapi sekarang tiba-tiba Anda harus mengubah pola makan secara mendadak, tubuh Anda akan sulit beradaptasi. Akibatnya Anda tidak akan bisa bertahan lama menjalani program diet tersebut. Sesekali Anda boleh memakan makanan yang Anda suka asal jangan terlalu berlebihan. Misalnya seminggu sekali biasanya hal ini disebut cheating day, hari dimana Anda bisa makan sesuka hati. Diet yang baik itu adalah diet yang tidak terlalu berlebihan, dan harus dilakukan secara bertahap dan perlahan.

8. Melewatkan sarapan

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa seseorang yang melewatkan sarapan berat badannya cenderung cepat bertambah. Hal ini terjadi di waktu siang yang akan datang mereka akan merasa lapar berlebih sehingga makan siangnya akan banyak daripada seseorang yang pada waktu pagi nya sarapan terlebih dahulu. Selain itu, seseorang yang melewatkan sarapan pagi akan memilih makanan yang berlemak dan memiliki kalori tinggi.

9. Melakukan diet karena trend

Jangan sampai Anda melakukan diet karena trend yang saat ini sedang ramai diperbincangkan seperti kemarin-kemarin ada diet yang namanya OCD (Obssesive Compulsive Disorder). Kebanyakan orang yang melakukan diet karena trend mereka tidak menjalaninya sampai berhasil. Agar program diet Anda goal, Anda harus terlebih dahulu cari apa yang menjadi motivasi selain ingin menurunkan berat badan dan memiliki badan proporsional. Tulis motivasi Anda pada kertas/ memo dan tempelkan disudut dinding kamar Anda. Jadi ketika Anda lupa dan putus asa terhadap program diet, Anda bisa melihat kembali tulisan tersebut sehingga Anda akan merasa termotivasi kembali.

10. Pola diet yang salah

Pola diet yang salah bukan hanya akan menjadi kurang kurang maksimal, melainkan memperburuk kesehatan Anda juga. Setiap orang melakukan diet pastinya memiliki program berbeda-beda, belum tentu apa yang dilakukan orang lain bisa maksimal dengan Anda. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki kemampuan dan kalori asupannya berbeda-beda juga. Solusinya kenali dulu program diet Anda seperti apa, konsultasikan kepada trainner atau orang yang sudah memiliki pengalaman yang lebih jauh.

Nah itulah beberapa penyebab maka program diet yang Anda jalani terkadang mendapat hasil yang kurang maksimal. Selain penyebab diatas, terdapat pula penyebab lainnya diantaranya kurang mengkonsumsi air putih, kurang tidur, lingkungan tidak mendukung dan tidak rutin memantau berat badan.

Semoga penjelasan tentang 10 penyebab hasil program diet menjadi kurang maksimal ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.