Penyebab Penyakit Panu dan 7 Cara Mengobatinya Dengan Bahan Alami

Weightnesia.com | Memiliki kulit sehat dapat menambah kepercayaan diri seseorang, maka tak jarang banyak orang yang rela mengeluarkan dana lebih untuk memperolehnya. Salah satu indikasi kulit dikatakan sehat adalah kulit yang tidak terjangkiti penyakit kulit. Salah satu penyakit kulit yang mudah menyerang siapa saja adalah panu. Penyakit yang satu ini dapat membuat penderitanya menjadi kurang percaya diri, karena panu akan tumbuh dengan cepat pada area kulit yang sering berkeringat seperti wajah, leher, pinggang, dan bagian tubuh lainnya. Panu juga memiliki warna yang mencolok dan membuat siapa saja yang melihatnya menjadi terganggu.

Penyebab Penyakit Panu, Gejala, dan Cara Mengobatinya

Biasanya penyakit panu sering muncul di sekita punggung, Gejala yang sering timbul adalah gatal-gatal di sekitar area ketika berkeringat dan warna sebagiannya berubah menjadi warna puti, merah, bahkan coklat tergantung dari pikmen si penderita penyakit panu. Berikut ini adalah bagian yang sering terkena penyakit panu:

  1. Punggung
  2. Tangan
  3. Leher
  4. Wajah
  5. Kulit Kepala
  6. Lipatan Lengan

7 Bahan Alami Untuk Mengobati Panu

Walaupun panu bukan salah satu penyakit kulit yang mematikan, namun panu dapat menganggu kenyamanan karena penderita akan merasakan gatal dan panas. Kulit juga akan mengalami gangguan yaitu menjadi bersisik karena produksi pigmen kulit menjadi terganggu. Kini sudah banyak obat panu yang dijual bebas dipasaran. Namun bagi Anda yang ingin mengobati panu dengan menggunakan bahan alami, mungkin bisa mencoba bahan alami mengobati panu yang paling ampuh berikut ini yang diantaranya adalah :

1. Bahan Alami Untuk Mengobati Panu dengan Bawang Putih

Bahan alami pertama yang ampuh dalam mengatasi panu adalah bawang putih. Bagi Anda yang memiliki masalah panu pada kulitnya, kini bisa gunakan bawang putih untuk mengobatinya. Caranya cukup mudah, sediakan bawang putih lalu iris bawang putih menjadi dua bagian. Gosokkan irisan bawang putih tersebut pada bagian kulit yang memiliki panu, kandungan senyawa dalam getah bawang putih mampu menghambat laju pertumbuhan jamur. Agar panu cepat hilang dan mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini secara rutin pagi dan sore hari setelah mandi.

2. Bahan Alami Untuk Mengobati Panu dengan Sari Cuka Apel

Bahan alami yang satu ini memang sering dijadikan sebagai campuran obat herbal. Ternyata cuka sari apel ampuh dalam mengobati panu, cara juga terbilang mudah dan aman. Cukup sediakan cuka sari apel dan secangkir teh, campurkan satu sendok cuka sari apel kedalam secangkir teh tadi. Oleskan campuran sari cuka apel dan teh tersebut pada area kulit yang terjangkit panu, usahakan lakukan secara rutin setelah mandi.

3. Bahan Alami Untuk Mengobati Panu dengan Tea Tree Oil

Bahan selanjutnya adalah minyak pohon teh, pasti masih banyak yang belum mengerti akan minyak pohon teh. Tidak perlu bingung dalam mencarinya karena miyak pohon teh sudah banyak dijual dipasaran. Minyak yang satu ini sangat efektif dalam menghilangkan panu dan penyakit kulit lainnya. Cukup mengoleskan minyak pohon teh sekali dalam sehari selama dua minggu, maka panu dapat diatasi sampai ke akarnya.

4. Bahan Alami Untuk Mengobati Panu dengan Lidah Buaya

Selain baik untuk rambut, ternyata kandungan lidah buaya mampu mengatasi penyakit panu. Cukup sediakan satu batang lidah buaya kemudian potong menjadi dua bagian. Gosokkan lendir dari potongan lidah buaya tersebut pada area kulit yang berpanu, diamkan sampai mengering dan bilas menggunakan air hangat.

5. Bahan Alami Untuk Mengobati Panu dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiki banyak manfaatnya untuk kecantikan maupun penyembuhan/ perawatan lainnya. Salah satunya jeruk nipis bisa dimanfaatkan sebagai menyembuhkan kulit yang terkena panu. Caranya yaitu cukup mudah sekali hanya siapkan satu buah jeruk nipis lalu potong menjadi 2 bagian seperti biasanya. Kemudian siapkan juga belerang yang sudah ditumbuk dengan halus. Ambil potongan jeruk nipis kemudian oleskan pada belerang kemudian oleskan pada area kulit yang terjangkit penyakit panu. Lakukan ini secara rutin minimal 1 hari sekali lebih bagus 3x sehari hingga panu berangsur-angsur hilang.

6. Bahan Alami Untuk Mengobati Panu dengan Daun Pare

Daun pare adalah tanaman yang sering kita digunakan sebagai campuran sayur dan rasanya pahit. Untuk mengobati panu bisa menggunakan daun pare. Caranya yaitu tumbuk daun pare secara halus kemudian campur dengan sedikit kapur sirih atau sekucupnya saja. Setelah itu gunakan cumpuran tersebut dan oleskan pada bagian kulit yang terdapat panu. Usahakan dilakukan secara rutin setiap pagi dan malam ketika akan akan tidur.

7. Bahan Alami Untuk Mengobati Panu dengan Lengkuas

Lengkuas adalah bahan yang juga sering kita digunakan sebagai campuran masakan. Lengkuas juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit panu. Caranya siapkan beberapa lengkuas secukupnya saja kemudian kupas sampai bersih dan basuh menggunakan air. Kemudian, tumbuk hingga halus dan campur dengan minyak tanah untuk kompor. Oleskan ramuan ini secara rutin setiap pagi sesudah mandi dan malam hari sebelum tidur. Namun sebelum mengoleskan, usahakan kulit yang terserang panu benar-benar kering dan bebas dari keringat hal ini agar kulit tidak lembab. Lakukan pengobatan ini secara rutin hingga panu hilang dan kulit anda hingga menjadi normal lagi.

Bahan-bahan alami tersebut sangat dianjurkan dalam mengatasi panu dan penyakit kulit lainnya. Selain tidak memiliki efek samping, bahan alami juga mudah dan murah.

Cara Mencegah Penyakit Panu

Penyakit panu memang terasa sangat menggannggu dan menyiksa ketika gatal, selain menyiksa penyakit panu ini sangat mengganggu penampilan meskipun biasanya berada dalam tubuh yang tertutup. Oleh sebab itu jika Anda tidak ingin penyakit panu kembali menyerang lagi, berikut ini kami jelaskan beberapa tips untuk mencegah penyakit panu:

  1. Rutinlah mandi minimal 1x dalam sehari
  2. Menjaga kebersihan pakaian
  3. Gunakan pakaian yang kainnya dapat menyerap keringat
  4. Gunakan handuk bersih dan jangan sampai menggunakan handuk orang lain. Handuk adalah kain yang lembab maka sebagian orang kurang memperhatikannya

Semoga artikel Penyebab Penyakit Panu dan Cara Mengobatinnya Dengan Bahan Alami dapat menjadi referensi yang bermanfaat dan berguna. Selamat mencoba.